Jembatan Penghubung Distrik Kemtuk Gresi Dan Namblong Terancam Roboh

Jembatan Penghubung Distrik Kemtuk Gresi Dan Namblong Terancam Roboh

Jayapura–Jembatan Sumbe yang terletak di kampung Sumbe distrik Namblong kabupaten Jayapura yang menghubungkan antara pemerintah distrik Namblong dan pemerintahan Disitrik Kemtuk Gresi terancam roboh karena tidak mendapatkan perawatan dan perhatian dari pemerintah.

Masyarakat setempat menghawatirkan kondisi jembatan yang sudah miring apalagi  beberapa tiang penyangga sudah melengkung akibat tumpuan beban jembatan yang tidak seimbang.

Anton Sawa seorang warga pengendara motor yang setiap harinya melintasi jembatan tersebut mengungkapkan bahwa jembatan Sumbe sudah lama rusak. Setiap pengendara terutama pengendara roda empat harus lebih hati-hati karena takut roboh dan memakan korban. “ Ya kalau mau lewat jembatan Sumbe lebih baik hati-hati jangan tidak pakai perhitungan karena jembatan sudah cukup membahayakan,” jelasnya lagi.

“Kalau jembatan ini roboh masyarakat akan mengalami kesulitan untuk bepergian terutama kami yang ada di Distrik Kemtuk Gresi, terpaksa kami harus putar jauh lewat Nimboran untuk sampai ke Sentani,” jelasnya.(23/06/2012)

Hasil pantauan AlDP Online nampak jelas jembatan yang sudah miring tinggal menunggu waktu untuk ambruk karena tanah penghubung jembatan sudah amblas. Bila hujan turun dan kali banjir akan membahayakan dan mempercepat jembatan roboh.

Kondisi jembatan Sumbe sudah dilaporkan kepada pemerintah kabupaten namun  belum ada tanda-tanda apakah jembatan akan diperbaiki atau dibangun ulang. “Kami sudah sampaikan beberapa kali  tapi tidak jelas sampai hari ini”, jelas aparat kampung Sumbe, Melkianus Udam saat ditemu AIDP Online di rumahnya.

Menurutnya masyarakat sudah berharap lama supaya pemerintah secepatnya jembatan yang sudah rusak parah ini diperbaiki karena akan membahayakan dan juga akan membuat masyarakat terisolir kalau jembatan roboh.(Tim/AIDP)