Jelang Pilkada Suasana Timika Makin Ramai

Jelang Pilkada Suasana Timika Makin Ramai

Timika-Suasana kota Timika   10 Oktober 2013, terlihat ramai. Sebagian orang sibuk membuat TPS sedangkan yang lainnya berkumpul untuk kepentingan tim sukses.

Bahkan sejak pagi hari, sekretariat Tim sukses terlihat sangat ramai, seperti sekretaria tpasangan   yakni Trifenal Tinas lB.Sc dan Anastasia Tekege S.Ag, keduanya adalahperempuan sehingga dijuluki Pasangan Mama.

“Di sini kita mengumpulkan 1200 orang saksi dan 800 orang korlap (koordinatorlapangan),” Ujar Lexi Linturan yang merupakan sekretaris Tim sukses ‘Mama”.

Dirinya menjelaskan akan ada 2 orang saksi setiap TPS dengan 2 tugas yang berbeda. Satu akan memantau proses pencoblosan di TPS sedangkan yang satunya memantau proses di TPS secara umum.

“Sedangkan Korlap tugasnya mendampingi para pemilih yang sudah merupakan basis massa kami, kami sudah bekerja lama bersama mereka. Kami punya pendukung sekitar 30 ribu dalam database,”katanya.(09/10/2013).

Menurutnya sudah saatnya kepemimpinan diberikan kepada kaum perempuan.

“Sudah tidak ada kepercayaan bagi kaum laki-laki. Konflik terus terjadi, perang, dana habis untuk membiayai konflik. Perang berkepanjangan, Dengan 2 tokoh perempuan ini, dan akan kita gunakan untuk kegiatan sosial, bukan untukperang”.

Pihaknya menyakini bahwa mereka akan meraih suara terbanyak.“Pasangan ini disandingkan berdasarkan hasil survey, bukan tanpa alasan.Kami akan menang dalam 1 putaran, ”katanya optimis.

Lain lagi dengan Tim Sukses pasangan   2 yakni Abd Muis ST MM dan Hans Magal SP.

“Kami dikumpulkan tim sukses nomor urut2 ,” Ujar Safruddin, tukang ojek di depan Diana Supermarket di Jalan Budi Utomo. Ada sekitar 30 tukang ojek sedang mendengar penjelasan mengenai tata cara pengisian laporan sebagai saksi di TPS. Para tukang ojek yang menggunakan rompi berwarna hitam bertuliskan “Ojek Kamtibmas” mendengarkan dengan tertib.Semuanya dibekali map, tanda pengenal dan formulir saksi.

Tim sukses pasangan lainnya, memilih berkumpul di hotel-hotel, mereka membagikan peta lokasi TPS, membuat estimasi perolehan suara dan diskusi dengan orang-orang tertentu.

Ketika ditanyakan peluang kemenangan, semua tim sukses menjawab dengan optimis bahwa mereka yang akan menang. Padahal pemenangnya jelas cuma. Kita berharap Pilkada berjalan aman dan jujur. Jika tidak maka sulit untuk menyakini sebenar-benarnya, siapa yang terbaik.(Tim/AlDP).