Jalan dan Air Bersih Dibutuhkan Warga Tarfia

Jalan dan Air Bersih Dibutuhkan Warga Tarfia

Jayapura – Kini selain menggunakan motor laut untuk sampai di kampung Tarfia dari kampung Demta Ibu kota distrik Demta orang mulai ramai menggunakan jalan darat dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Sebenarnya jalan darat sudah ada sejak lama namun tak terawat, baru pada pertengahan tahun 2011,jalan dirapikan dan mulai digunakan kembali.

“Selain jalan darat yang diperbaiki, masyarakat juga membutuhkan air bersih,” demikian penjelasan kepala kampung Tarfia saat ditemui AlDP Online di Tarfia pekan lalu.

Dana pembangunan air bersih bersumber dari dana RESPEK sejak tahun 2009 dan dana PNPM Mandiri sejak tahun 2011 yang dikerjakan secara swadaya.Terlihat ada pipa-pipa yang bersambung dari sumber air di kampung Demta Kota.

Setiap pipa panjangnya sekitar 6 meter dengan harga sekitar 450 ribu. Pipa sudah sampai di muara kali ujung kampung, sekitar 10 kilometer panjangnya dan masih dibutuhkan sekitar 5 kilometer lagi untuk sampai ke kampung.

Lanjutnya, “Jujur saja dana pemberdayaan kampung ini masih kurang mengingat mahalnya harga barang dan dibeli di kota, banyak uang yang keluar belum lagi birokrasi pemerintahan kabupaten yang berbelit-belit bayangkan saja untuk mengatur administrasi terkait pencairan dana pemberdayaan, saya harus bolak balik ke instansi terkait”.

Dari keterangan yang diperoleh, sebelumnya PU kabupaten Jayapura sudah pernah mengerjakan penggadaan air bersih ditahun 2004. “Sebenarnya sudah lama jadi tapi PU salah pasang dan kita buat baru pakai dana kita. Kekurangan yang ada kita harap ada dukungan dari pihak perikanan sebab mereka sudah janji begitu”.

Sebagian masyarakat ada yang mengeluh dengan kebijakan di kampung yang menggunakan semua dana untuk air bersih. Namun pihak pemerintahan kampung bersikeras bahwa hal tersebut merupakan kebutuhan mendasar yang harus segera dipenuhi agar air bisa mengalir dari rumah ke rumah. Selama ini masyarakat mengandalkan air dari sumur yang ada di halaman rumah.(Tim/AlDP).