Isak Kalaibin Divonis 3 tahun dan 6 Bulan

Isak Kalaibin Divonis 3 tahun dan 6 Bulan

Sorong-Setelah melalui proses persidangan belasan kali, akhirnya Isak Kalaibin, Obaja Kamesrar, Jordan Magablo, Klemens Kodimko, Anthonius Saruf, Obeth Kremadi dan Hengky Mangamis mendengar putusan dari Majelis Hakim pada hari selasa/03/12/2013 di Pengadilan Negeri Klas I B Sorong .Mereka adalah terdakwa makar pada peristiwa Aimas menjelang 1 Mei 2013.

Sidang baru dimulai pada pukul 11.30 wit, dihadiri oleh JPU, Tim Penaseha tHukum, keluarga Isak dkk dan tentu saja pasukan keamanan dari pihak kepolisian yang berseragam lengkap.

“Terdakwa dihadirkan satu persatu,” Ujar Maria Sitanggang SH, M.Hum, .ketuamajelis hakim saat akan membuka sidang.

Padahal saat itu JPU sudah mempersilahkan Isak dan keenam temannya masuk di dalam ruang sidang, sebagaimana sidang-sidang sebelumnya, semuanya dihadirkan bersamaan.Kemudian agak tergesa-gesa pihak Kejaksaan Negeri Sorong membawa kembali 6 Terdakwa lainnya, kecuali Isak Kalaibin.

Majelis hakim berpendapat bahwa Isak Kalaibin alias Caken dinilai memiliki kualifikasi peran yang paling tinggi diantara ketujuh terdakwa tersebut.Isak dikatakan sebagai orang yang menghubungi keenam terdakwa lainnya baik melalui lisan, SMS maupun undangan dan memimpin setiap pertemuan.Perbuatannya dianggap meresahkan masyarakat dan menganggu kamtibmas.

IsakKalaibin yang dituntut JPU dengan 4 tahun penjara, divonis menjadi 3 tahun dan enam bulan sedangkan keenam terdakwa lainnya dari tuntutan JPU selama 2 tahun penjara divonis majelis hakim menjadi 1 tahun dan 6 bulan penjara.

“Keputusan ini sudah sesuai dengan aspek yuridis, social dan filosofi, “ demikian lanjut ketua majelis hakim.

“Kami dan terdakwa sepakat untuk pikir-pikir,” Ujar Jimmy Ell SH penasehat hokum terdakwa. Selain Jimmy Ell SH hadir sebagai penasehat hokum adalah Frida Klasin SH, Anum Siregar SH dan Simon Banundi SH.

Setelah sidang, Tim Penasehat hukum mengadakan pertemuan dengan IsakKalaibin untukmembahas langkah yang akan diambil terhadap vonis tersebut.(Tim/AlDP).