Isak dkk Mempertanyakan Pertanggungjawaban Terhadap Korban Yang Tewas Ditembak

Isak dkk Mempertanyakan Pertanggungjawaban Terhadap Korban Yang Tewas Ditembak

Sorong-Ternyata selain penasehat Hukum Isak Kalaibin dkk, Isak Kalaibin dkk juga membuat pembelaan pribadi yang dibacakan dengan suara lantang oleh salah seorang Terdakwa yakni Hengky Mangamis.

“Kami menyatakan bahwa maksud pertemuan adalah ibadah,” Ujar Hengky menjelaskan maksud pertemuan di rumah Isak kalaibin yang berujungpadapenembakan 3 wargasipildanpenangkapanmereka.(18/11/2013).

Para terdakwa juga meminta agar 3(tiga) orang korban yang tertembak dan meninggal dunia pada tanggal 30 April 2013 harus ada pertanggung jawaban.

“Kami menyatakan agar pelaku penambakan yang terdiri dari 26 orang harus dihadirkan, dihadapkan kepada kami dan pengadilan ini. Kami korban sudah menjalani tahanan dan persidangan sedangkan pelaku dilindungi. Inikah yang disebut Negara hukum?”

Lebih lanjut Hengky menjelaskan bahwa mereka telah menjalani proses hukum, sebelumnya mereka telah ditangkap tanpa perlawanan,tanpa barang bukti dan tanpa saksi yang menyatakan bahwa acaramalamituadalahuntukmelakukanpenyerangan.

Di akhir pembelaannya, Isak dkk menyatakan minta dibebaskan, “kalau kami tidak dibebaskan maka kami siap mati dihadapan keluarga kami, dihadapan Kuasa hukum kami dan dihadapan pengadilan ini,” demikian katanya.

Majelis hakim kemudian meminta agar pembelaan tersebut dibuatkan satu persatu mengingat perkara mereka dipisahkan berkasnya.

Setelah mendengarkan pembelaan pribadi para Terdakwa, sidang ditutup dan ditunda hingga tanggal 3 desember 2013 dengan materi pembacaan putusan.(Tim/AlDP)