Berita

IRCT : Bantuan Uni Eropa Memberikan Dukungan Bagi Penegakan HAM

Brussels-International Rehabilitation Council for Torture Victims(IRCT)organisasi yang bergerak dibidang Torture/penyiksaan menggunakan kesempatan EIDHR Forum di Brussels untuk bertemu dengan anggota mereka. Maka AlDP salah satu anggota IRCT berkesempatan untuk bertemu dengan 15 anggota IRCT lainnya dari 15 negara yang berbeda.

Pertemuan membahas call proposal secara global dari Uni Eropa tahun 2012.Di tahun ini IRCT mendapatkan dukungan dana yang cukup besar untuk didistribusikan ke berbagai anggota IRCT ke seluruh dunia.”Selain aplikasi berdasarkan CBSS maka dapat dilakukan dalam jaringan IRCT,”demikian penjelasan Helena de Rengerve perwakilan IRCT di Brussels.Helena merekomendasikan perlunya bekerja dengan mitra dan memasukan sejumlah advokasi internasional seperti mengikuti pertemuan tahunan internal IRCT maupun Komisi Tinggi Anti Penyiksaan di Geneva.

Selain pertemuan internal,anggota IRCT,IRCT Brussels mengagendakan pertemuan anggota IRCT dengan parlemen Uni Eropa tanggal 9 dan 10 Mei 2012.”Ini untuk memastikan bahwa IRCT memiliki anggota yang akan menyampaikan langsung permasalahan yang dihadapi di negara masing-masing,’katanya.Lanjutnya,”Kita akan bertemu dengan orang-orang kunci yang memegang koordinasi pada negara-negara tertentu”.Helena kemudian menjelaskan latar belakang pribadi dan pengalaman kerja dari orang-orang tersebut.

Menurutnya pertemuan penting juga untuk menyakinkan Uni Eropa agar lebih selektif dan melakukan control terhadap berbagai bantuan yang diberikan langsung ke pemerintah.”Kita terus mendesak agar bantuan yang dibetikan harus dengan syarat mampu meningkat perhatian dan tanggungjawab pemerintah masing-masing terhadap masalah  hak asasi manusia”.

Masih menurutnya bahwa di Uni Eropa masih terbuka peluang untuk terus menggunakan perpesktif HAM entah itu hak anak,hak perempuan,hak untuk tahanan dan narapidana atau yang lainnya atau bahkan ketika bicara mengenai hak dalam beragama.

Selanjutnya masing-masing regional anggota IRCT membuat agenda pertemuan regional tahunan,untuk wilayah IRCT Asia direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2012 di Cambodia.(AlDP).