Hubungan DPRP dan Eksekutif Macet

Hubungan DPRP dan Eksekutif Macet

Gedung DPRP -Papua

Jayapura-Dalam pertemuan antara Komisi A DPRP dengan UP4B, wakil ketua Komisi A DPRP Yanni SH menyampaikan bahwa hubungan antara DPRP dan Eksekutif khususnya pejabat gubernur sedang macet.

Menurutnya  kondisi tersebut menyebabkan pihak  legislatif sulit untuk bekerjasama maksimal karena dukungan dari eksekutif sangat terbatas. “Terus terang kami di komisi A tidak dapat kerja maksimal. Pada periode yang sedang berjalan ini, kami nyaris lumpuh”.(19/07/2012).

Padahal katanya banyak yang ingin diperbuat oleh DPRP apalagi masyarakat setiap waktu datang menyampaikan permasalahan mereka ke dewan. Anggota DPRP juga mengalami kesulitan untuk mengunjungi daerah-daerah pemilihan karena keterbatasan dukungan dana dari pihak pemda.

Yanni dan anggota Komisi A lainnya yang hadir turut menyoroti beberapa proyek pembangunan yang dinilai tidak berjalan maksimal bahkan ada yang diduga fiktif. Mereka juga menyatakan perlunya memperbaiki perilaku birokrasi yang terkesan cenderung subyektif dan arogan.

Yanni menegaskan bahwa di sisa tahun pengabdian anggota DPRP periode 2009-2014 ingin menghasilkan sesuatu yang lebih nyata bagi rakyat. “Otsus harus benar-benar dirasakan oleh masyarakat , evaluasi yang maksimal perlu juga dilakukan”.

Harapannya UP4B dapat memberikan dukungan bagi DPRP termasuk untuk melaksanakan Otonomi Khusus di Papua. Selain itu UP4B diharapkan dapat memjembatani hubungan yang macet antara legislative dan eksekutif.(Tim/AlDP).