Berita

HIV AIDS Mulai ‘Masuk’ di Muting

Merauke–Penyakit berbahaya HIV AIDS mulai menyebar di Distrik Muting, Kabupaten Merauke. Dari hasil pemeriksaan dokter, dipastikan seorang pria positif tertular penyakit yang belum ada obatnya itu.
“Ada satu orang, saya tidak bisa sebut namanya, dari hasil pemeriksaan, yang bersangkutan positif,” kata Dokter Puskesmas Muting, dr. Ma’rifatul Ula, belum lama ini.
Ia mengatakan, diduga pria yang teridap HIV tertular melalui hubungan seksual tidak aman. “Di Merauke, memang kita tahu rata-rata pasien teridap dari hubungan seks tidak sehat, ini bukan fakta baru, sudah lama diketahui,” ujarnya.
Menurutnya, jika tak segera ditanggulangi, HIV dapat dengan mudah menyebar di perkampungan di Muting. “Ini tugas dari Komisi Penanggulangan AIDS, tapi biar begitu, kita juga punya tugas bersama, saya mengajak warga agar jangan sampai melakukan tindakan yang beresiko,” ucapnya.
Pria teridap HIV diketahui dari pemeriksaan beberapa bulan lalu. Saat ini sementara dirawat intensif. “Ada obat yang diberikan, untuk data saat ini, kita hanya mendapati satu, belum tahu lainnya, bisa saja ada tapi tidak terdeteksi,” katanya lagi.
Jumlah penduduk Distrik Muting sebanyak kurang lebih 5307 jiwa. Terdiri dari 12 kampung dengan jarak antar kampung saling berjauhan. Kasus penyakit tertinggi di daerah itu adalah Infeksi Saluran Pernapasan. “ISPA masih yang paling tinggi, ada juga penyakit kulit dan gatal-gatal,” kata Ula.
Berdasarkan data Dinas Kesehatan Merauke, jumlah kasus HIV IDS di daerah itu hingga Desember 2011 mencapai 1.391. Sejumlah ibu hamil dipastikan juga terkena HIV. “Proses pendampingan terus dijalankan, ada kontrol yang sangat rutin kepada mereka,” kata Kepala Dinkes Merauke, Stefanus Osok.
Merauke pada beberapa tahun silam, merupakan kabupaten dengan jumlah kasus HIV/AIDS paling tinggi di Papua. Hingga triwulan ketiga tahun 2011, terdapat 10.522 kasus HIV/AIDS di Papua. Jumlah terbanyak di Mimika yaitu 2.180 kasus. Di beberapa wilayah pedalaman seperti Paniai, Puncak Jaya, dan Jayawijaya, kasus HIV/AIDS ditemukan mencapai lebih dari 1.500 kasus. (02/AlDP)