Berita

‘Halaman’ SD Berlabuh di Sowek Rusak Berat

Supiori – SD YPK III ELim Sowek adalah SD berlabuh yang menampung anak-anak di sekitar Sowek bersama 2 SD lainnya. SD YPK III Sowek memiliki murid terbanyak, ada 199 murid.

Sayangnya tidak memiliki ruang belajar yang memadai, para-para yang merupakan halaman sekolah, papannya mulai terbuka di sana-sini sehingga langsung terlihat laut. Selain itu tiang-tiang kelas juga sudah mulai rapuh.

“Kalau hujan atau angin kencang saya suruh murid-murid pulang takut kalau terjadi apa-apa kami di sekolah tidak mau bertanggungjawab” Ujar Drs.Habel Rumbewas kepala SD YPK III Sowek saat ditemui AlDP Online.(22/06/2012).

Sebenarnya ada 2 bangunan kelas baru untuk menampung murid yang terus bertambah sedangkan untuk ruang guru dan ruang perpustakaan maupun ruang penyimpan alat-alat peraga digabung menjadi satu.

“Lihat saja bagaimana kami bisa mengajar dengan baik kalau semuanya seperti ini,” Ujarnya sambil menunjukkan ruangan guru yang padat dan tak teratur. Akibatnya buku-buku, alat peraga dan papan-papan keterangan tak dapat difungsikan dengan baik.

Habel Rumbewas juga mengatakan jika rumah untuk kepala sekolah belum tersedia,”ada yang sana” katanya sambil menunjuk satu bangunan separuh jadi yang terbengkalai di samping ruang belajar. “Itu rumah kepala sekolah yang dibangun sejak tahun 2010, tidak selesai dan dikasih tinggal”.

SD YPK III memiliki 2 guru PNS dan 3 orang guru bantu sehingga praktis mereka kekurangan guru oleh karena itu mereka membagi jam belajar untuk sekolah pagi dan siang selain itu kepala sekolah juga mendapat jadual mengajar..

Dirinya berharap pemerintah serius membantu menyelesaikan rumah kepala sekolah dan ruang untuk guru-guru yang terpisah dengan ruang perpustakaan dan alat peraga.”Supaya murid nyaman membaca dan guru juga nyaman bekerja”. (Tim/AlDP).