Gerson Enthong:Sekolah Ini Harus Tetap Hidup

Gerson Enthong:Sekolah Ini Harus Tetap Hidup

Jayapura-SMP Satu Atap Kanda Distrik Waibu kabupaten Jayapura berdiri sejak tahun 2006.Tujuan awal pendirian SMP ini adalah untuk menampung anak-anak usia sekolah di sekitar kampung Kanda, kampung Sosiri, kampung Doyo Lama dan kampung Yakonde.

“Karena sebelumnya untuk melanjutkan sekolah mereka harus ke Sentani,” Ujar Wakil kepala SMP Satu Atap Kanda Gerson Enthong ,S.Th saat dijumpai di Kanda.(03/11/2013).

Namun sekolah tersebut masih sangat kekurangan guru, sebab hanya tersedia 3 orang guru tetap dan 2 orang guru bantu akibatnya semua guru termasuk kepala sekolah diwajibkan mengajar di sekolah yang memiliki siswa sebanyak 87 orang dan terdiri dari 3 kelas ini.

“Sebenarnya setiap bulan kami sudah buat laporan, isi utamanya adalah meminta penambahan guru. Kalau mau ujian ada juga pihak Dinas yang datang kesini tapi sepertinya hanya datang untuk melengkapi administrasi karena tetap tidak ada penambahan guru,” katanya lagi.

SMA Satu Atap Kanda agak tertolong dengan penambahan 5 orang guru honor yang baru dimulai pada tahun ajaran ini, meskipun kehadiran mereka untuk kepentingan sertifikasi guru yang bersangkutan.

“Tapi kita jadi sangat tertolong, ini inisiatif kami, kalau tidak, kelas banyak yang kosong. Ini juga yang menyebabkan orang tua memindahkan anak mereka untuk sekolah di kota,” jelasnya sambil didampingi 2 orang guru bantu yakni Ivon Ansaka dan Nirwana Ladeng.

“Harapkan kami jelas dan terlalu besar, yakni kami ingin mereka tetap sekolah di sini, sekolah ini harus tetap hidup meskipun di kampung,” tegasnya.(Tim/AlDP).