Gagasan Dialog Mulai Didiskusikan dengan Pemerintah

Gagasan Dialog Mulai Didiskusikan dengan Pemerintah

Jayapura – Di tahun 2013, Aliansi Demokrasi untuk Papua (AlDP) kembali menggulirkan program merawat dan memberikan dukungan bagi gagasan dialog sebagai salah satu solusi penyelesaian masalah di Tanah Papua.

“Ditahun ini AlDP mulai mengembangkan gagasan dialog ke kalangan pemerintahan di Papua, selain tetap memperkuat agenda gagasan dialog di kalangan masyarakat sipil seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujar Anum Siregar, Direktur AlDP saat memberikan pengantar diskusi yang bertempat di P3W Padang Bulan, Jayapura, pekan lalu (17/01/2013).

Anum menyadari bahwa sebagai langkah awal membangun diskusi dengan kalangan pemerintah, tentu saja masih terdapat berbagai pendapat.

Pada kesempatan diskusi, pihak Polda sempat mempertanyakan istilah “Dialog Jakarta Papua”. “Kita lihat Jakarta merepresentasikan Pemerintah sedangkan istilah Papua merepresentasikan siapa?” tanya wakil dari Polda Papua yang merasa keberatan dengan istilah tersebut. Apalagi menurutnya, kewenangan untuk mendiskuskan dialog bukan ada pada dirinya.

”Kita memahami dan sangat menghargai perbedaan pendapat yang ada. Bisa jadi ada yang baru pertama mendengar gagasan ini tapi ada juga yang sudah pernah mendengar atau bahkan mengikuti kegiatan sebelumnya,” kata Anum.

Ia mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat sipil, AlDP terus berupaya mengembangkan diskusi-diskusi untuk mencari langkah penyelesaian Papua secara damai. “Gagasan ini terus bergulir, butuh proses yang panjang dan melibatkan berbagai  pihak,” jelas Anum Siregar.

Diskusi terbatas yang berlangsung hangat tersebut, dipandu oleh Cory Silpa sebagai fasilitator. Dihadiri juga oleh kanwil hukum dan HAM Provinsi Papua, pihak Polda Papua (Wadir Intelkam) dan pihak Kodam XVII Cenderawasih (Waas Inteldam). (Tim/AlDP)