Forum Diskusi Antara Pendatang Perlu Diperbanyak

Forum Diskusi Antara Pendatang Perlu Diperbanyak

Forum Kajian Indikator Papua Tanah Damai di Kota Sorong

Sorong – Masalah di Papua multi kompleks. Akibatnya sulit dicarikan jalan keluarnya.

“Bagaimana saling memahami dan menyamakan persepsi memang hal yang susah, tapi kita memahami sebagai pendatang harus juga menyesuaikan diri,” kata Niken, perwakilan media yang menjadi peserta pada Forum Kajian Indikator Papua Tanah Damai yang diselenggarakan oleh Aliansi Demokrasi untuk Papua di Kota Sorong, Papua Barat, pekan lalu.

Ola dari Papua Barat Pos menambahkan, forum diskusi membahas masalah Papua, diperlukan dan penting selalu dibuka. “Agar memperbaiki komunikasi serta untuk memahami masalah di Papua dengan lebih baik,” ucapnya.

Perwakilan media lainnya, Yudi mengungkapkan, persoalan konflik di Papua terkesan dininabobokan.  Tak ada upaya yang lebih konkrit menuntaskan. Akibatnya terus menggelinding semakin besar seperti bola salju.

“Perlu memperbanyak dialog karena dengan dialog kita bisa mengetahui persoalan,” katanya.

Sulaiman peserta Forum Kajian lainya mengatakan, harus ada pendekatan yang lebih baik, dari hati ke hati.

Ia menyesalkan cara berkomunikasi yang selama ini dibangun oleh para pejabat. “Kalau kita selesaikan dengan cara pejabat, tidak akan selesai, karena mereka punya kepentingan dan koneksi dengan Jakarta, pejabat  yang datang dari Jakarta semuanya punya kepentingan,” paparnya.

Ia berharap ada satu pendekatan baru yang dapat menyelesaikan masalah di Papua dengan lebih baik, “melalui pendekatan dari hati ke hati”. (Tim/AlDP)