Film Remaja Keerom Jadi Film Terbaik

Salah satu Pemenang dari Keerom untuk Film Remaja

Arso-Kepiawaian para remaja Keerom Papua untuk  menyuarakan pendapatnya lewat film ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti salah satu film mereka berjudul “Ada apa dengan Kitorang pu Sekolah” menjadi film terbaik Jalan Remaja 1208 Tahun 2012 yang dilaksanakan oleh Yayasan Kampung Halaman Jogjakarta.

Film ini diproduksi pada bulan Juli 2012 di Arso Kabupaten Keerom lewat program sekolah remaja. Melalui program ini, fasilitator dari Yayasan Kampung Halaman bekerja sama dengan Yayasan Teratai Hati Papua(YTHP), memfasilitasi para remaja untuk mengenal isu di sekitar mereka dan kemudian membuat media kampanye.

Film ini bercerita tentang pemisahan kelas antara siswa-siswi Asli Papua dan Siswa-siswi pendatang di SMA Negeri I Arso. Sekolah itu mengelompokkan anak Asli Papua ke dalam kelas proteksi sedangkan siswa-siswi pendatang ke dalam  KSN (Kelas Standar Nasional).

Dalam film ini, para remaja mengungkapkan perasaan mereka terkait pemisahan kelas, antara lain komunikasi antara siswa asli dan pendatang yang tidak berjalan dengan baik, siswa-siswi kelas proteksi yang adalah anak-anak asli Papua juga merasa dinomorduakan oleh para guru.

Para siswa sendiri baik asli maupun pendatang sebenarnya keberatan dengan program ini. Mereka berkeinginan untuk digabungkan saja agar anak Papua dan pendatang bisa satu sama lain dengan baik.

Tidak hanya itu, dalam film ini juga terungkap bahwa dalam prakteknya program kelas proteksi ini tidak berjalan sesuai tujuan awal yakni memberikan perlindungan khusus kepada anak-anak asli Papua.

Elkana Ginia, mewakili teman-teman menyatakan senang dan bangga. “Saya dan  teman-teman tidak menyangka film ini bisa menjadi film terbaik. Harapan kami film ini menjadi inspirasi untuk mendatangkan perubahan di sekolah kami”.

Selain Film “Ada Apa dengan Kirotang pu Sekolah”, ada dua film lain yang juga diproduksi oleh anak remaja Keerom dalam program yang sama yaitu “Ga Yombusi Ma Geyba“ yang masuk 10 besar terbaik Jalan Remaja 2012 dan “Kitorang Pu Cinta” yang lolos di Seascreen Academy 2012 di Makassar.

Untuk diketahui, Jalan Remaja 1208 adalah sebuah program refleksi untuk Hari Remaja Internasional, yang jatuh pada tanggal 12 Agustus. Jalan Remaja 1208 digagas  Yayasan Kampung Halaman Jogjakarta untuk menyuarakan sikap dan cara pandang remaja Indonesia ke publik yang lebih luas, melalui media berbasis komunitas yang dibuat oleh remaja di berbagai komunitas di Indonesia. (ASRI/Keerom)

  • praishilia adolong

    sayang vidio Ada apa dengan Kitorang pu Sekolah tidak dipasarkan atau di taruh di youtobe agar orang2 tau bakat mereka