Edo Kondologit: Perlu Adanya Kontrol Dalam Perencanaan Program dan Pengelolaan Dana UP2KP.

Edo Kondologit: Perlu Adanya Kontrol Dalam Perencanaan Program dan Pengelolaan Dana UP2KP.

Jayapura-Keberadaan pelayanan kesehatan pemerintah melalui Dinas Kesehatan Propinsi Papua adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tujuannya adalah untuk mengurangi angka kematian masyarakat Papua, namun kenyataannya banyak ibu, bayi dan anak meninggal akibat kurangnya pelayanan kesehatan yang merata.

“Sehingga harus ada usaha dan tindakan yang khusus,” Ucap Edo Kondologit, saat menghadiri peresmian Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Provinsi Papua(UP2KP)  12/10/2013 di Abepura.

Menurutnya kehadiran UP2KP ini, tidak serta merta melemahkan fungsi dari Dinas Kesehatan Propinsi papua, apalagi pembentukan lembaga  UP2KP telah melalui pengkajian yang panjang, dimana data menunjukan angka kematian setiap tahunnya meningkat, terutama mereka yang hidup di kampung-kampung pedalaman papua.

“Peresmian dan pelantikan anggota UP2KP ini menjadi sesuatu yang baru ditenggah-tenggah masyarakat papua yang bertanya-tanya, ingin mengetahui apa tujuan dari kehadiran lembaga ini dan apa yang harus diperbuat oleh lembaga ini, dalam menjawab mutu pelayanan kesehatan di papua,” katanya.

Lanjutnya, “lembaga ini, sudah diakui emerintah Propinsi Papua dalam hal ini gubernur papua, sehingga UP2KP ini segera menjalankan fungsi dalam bekerja, guna menangani masalah angka kematian ibu, bayi dan anak di papua. Kita orang papua bagaimana mau sehat, bagimana mau kerja dengan baik, bagaimana anak kecil mau tumbuh dengan sehat, semasa kecilnya sudah sakit-sakitan karena kekurangan gizi”.

Edo juga berharap, bagi yang terpanggil untuk bergabung dalam lembaga UP2KP dapat bekerja dengan benar dan harus dikontrol.

“Ketika kita bicara soal dana, dana penanganan kesehatannya sangat besar. Ketika program sudah direncanakan, maka disitu membutuhkan dana yang besar dalam menjalankannya, untuk itu dana yang diberikan itu harus dikontrol, supaya dana itu benar-benar sampai ditempat sasaran, benar-benar sampai di masyarakat yang membutuhkan. Program yang direncanakan harus berkeberpihakan kepada masyarakat, masyarakat yang mana?, masyarakat yang ada di kampung-kampung pedalaman yang terisolir, mereka yang menjadi prioritas utama dalam penanganan kesehatan,” Ungkapnya.(RM/AlDP)