Dukun Bersalin Membantu Persalinan dengan ‘Tangan Kosong’

Dukun Bersalin Membantu Persalinan dengan ‘Tangan Kosong’

Mama Veronika Dukun Bersalin di Kampung Tarfia Distrik Demta

Demta-Di Tarfia perempuan yang akan melahirkan dan keluarganya masih sangat percaya dengan kemampuan dukun bersalin yakni orang tua berpengalaman yang memilki keahlian membantu persalinan.

Setidaknya kini ada 3 dukun bersalin di Tarfia, salah satunya adalah mama Veronika Ondi. Usianya sudah 65 tahun namun wanita tua itu masih sangat energik. Sejak muda dia aktif di berbagai kegiatan kampung dan PKK.

Veronika bersedia dimintai tolong kapanpun. “Kalau ada yang mau melahirkan, toki(ketuk) saja pintu rumah saya, kapanpun saya datang,” katanya. Veronika datang dengan ‘tangan kosong’ alias tak ada alat apapun yang dibawanya. Keluarga yang membutuhkan bantuannya yang akan menyiapkan air hangat, sepotong tali untuk ikat tali pusar bayi dan silet untuk memotong tali pusar.

Dia tidak pernah mengharapkan imbalan dari orang-orang yang ditolongnya. “Nanti tuhan yang balas,” katanya sambil tak henti mengunyah pinang. Hanya satu yang diharapkannya agar dia dibekali kit untuk persalinan. Katanya kit  membantu persailnan agar lebih steril apalagi dilengkapi dengan timbangan bayi sehingga dapat langsung diketahui berat bayi yang baru lahir.

“Saya sudah ikut pertemuan dan pelatihan ulang-ulang yang dibuat pemerintah tapi saya tidak di kasih kit,” katanya sambil tertawa.

Kehidupan Veronika juga sangat memprihatinkan, rumah panggung miliknya sudah sangat tua dan nampak tak terawat dibanding rumah lain di sekelilingnya. Berulang kali dia meminta bantuan agar rumahnya diperbaiki namun belum ada bantuan dari aparat di kampung.”Kalau mengharap saya ada uang,kapan rumah saya jadi?” tanyanya memilukan.(Tim/AlDP).