Untuk Martabat Dan Kedaulatan Kemanusiaan: Kebebasan Berekspresi Dan Identitas Kebudayaan Orang Papua

Tim Koalisi JR Makar

Tim Koalisi JR Makar

Pada tanggal 24 juli 2017 dilakukan sidang di Judicial Review Pasal2 Makar di MK yang dilakukan oleh koalosi LSM dr Jakarta, maluku dan Papua. Sidang kali ini menghadirkan 1 saksi fakta yakni dari Gafatar, organisasi yang pernah dikenakan pasal makar oleh pemerintah RI. Selain itu 2 ahli menyampaikan keterangan mereka. Ahli yang pertama adalah Dr.I Ngurah Suryawan seorang pengajar di Unipa dengan disipilin ilmu antropologi.

Keterangan diharapkan dapat menjelaskan keberadaan budaya papua yang penuh ekspresif, komunal dan kayak dengan artikulasi yang kemudian dibingkai menjadi politis, melawan negara atau dikenal dengan Makar. Selain itu hadir pula Dr. Made Darma Weda, S.H., M.S. ahli pidana dr Universitas Krisnadwipayana.

Dirinya memberikan pendapat sebagai ahli pidana terkait dengan defenisi dan pemahaman soal makar. usai sidang, majelis hakim MK menunda sidang untuk tanggal 1 agustus 2017 masih dengan agenda pemeriksaan saksi. Tim koalisi berencana menghadirikan saksi dari Papua. Untuk lebih jelasnya, berikut materi dari 2 ahli yang disampaikan saat sidang di MK. https://drive.google.com/open?id=0B4cAfu6WiG1PQUo3SGpMWkJ4REk