Dilematis Kondisi Penghuni dan Petugas LAPAS Sorong

Sorong-Penghuni LAPAS Sorong berjumlah 203 orang dari kapasitas yang idealnya hanya menampung 163 orang. Oleh karena itu, ruangan isolasi juga digunakan untuk menampung tahanan, padahal biasanya hanya dipakai pada saat tertentusaja.

“Kita sudah over kapasitas dan tidak ada yang mau bantu untuk menambah bangunan lagi meski kami sudah minta berulang kali, ”Ujar Oktovina Kambu, Kasi Binadik LAPAS Sorong.(25/09/2013).

Dirinya prihatin dengan kondisi LAPAS yang semakin padat apalagi jika tidak dibarengi dengan kegiatan produktif bagi penghuninya.

“Semua unit usaha tidak berjalan efektif, hanya dikerjakan apabila ada pesanan dan bahan dasar tersedia,” kata petugas yang semasa pengabdiaannya hanya di LAPAS Sorongini.

Kemudian Oktovina Kambu menjelaskan,ada unit usaha pertukangan yang tidak jalan karena tidak ada bahan baku yakni kayu. Juga mesin batu tela yang tidak berjalan kontinyu.

Masalah yang dihadapi oleh LAPAS Sorong bukan saja terkait dengan kondisi penghuni tapi juga kondisi petugas LAPAS.Hingga kini petugas LAPAS Sorong berjumlah sekitar 65 orang dengan fasilitas LAPAS yang sangat terbatas dan dapat mempengaruhi kinerja mereka.

Terutama masalah transportasi, LAPAS Sorong yang dibangun sejak tahun 1996 ini, letaknya agak terpencil di Kilometer 10 Kota Sorong dengan kondisij alan yang buruk. Jika hujan jalannya praktis tertimbun lumpur dan sulit dilewati. Jika panas akan penuh dengan debu. Tidak dilewati oleh angkutan umum, kecuali dengan menggunakan ojek atau kendaraan sendiri.

Lanjutnya, “Kami tidak punya kendaraan dinas, motor yang ada itu milik masing-masing staf, tidak ada bantuan dari pemerintah. Mobil saja Cuma satu,kondisinya cukup memprihatinkan karena dipakai untuk semua keperluan, termasuk jadi mobil dinas kalapas”.

Oktovina Kambu sendiri setiap harinya harus 3 kali mengganti angkutan umum baru sampai ke LAPAS Sorong.

Dirinya berharap pemerintah kota, kabupaten dan juga pemerintah provinsi dapat memberikan perhatian konkrit.

“Uang Otsus sangat banyak, tolong bantu LAPAS ini,” pintanya serius.(Tim/AlDP).