Diduga Surat Suara DPR Kabupaten Yang Dibagi Sudah Dicoblos Sebelumnya

Diduga Surat Suara DPR Kabupaten Yang Dibagi Sudah Dicoblos Sebelumnya

Wamena-Proses pemilihan calon legislatif di TPS 15, di Dapil 1 Wamena Kota kabupaten Jayawijaya sempat heboh. Pemilih merasa dibohongi oleh petugas TPS setempat yang beralamat di Lorong 99 Wamena Kota.

“Kami tunda pemilihan karena surat suara untuk DPRD kabupaten sudah dicoblos semua,” Ujar seorang pemilih yang rumahnya tepat di depan TPS tersebut.

Menurut ibu yang tidak ingin disebutkan identitasnya, awalnya pemilih tidak mengetahui jika surat suara DPRD kabupaten sudah dicoblos.

“Karena dicoblos dari belakang jadi lubangnya kecil sekali. Ada juga yang sudah tahu tapi diam saja tidak mau ribut. Nanti setelah petugas TPS tidak memberikan surat suara DPR kabupaten lagi, katanya sudah habis baru pemilih marah-marah dan kasih tahu kalau surat suara DPRD Kabupaten yang dibagi sebelumnya sudah dicoblos,itu sudah sekitar 60 pemilih” jelasnya.

Pihak KPU kabupaten sempat turun tangan, menarik surat suara untuk DPRD kabupaten yang sudah dicoblos dan menggantinya dengan surat suara yang baru namun jumlahnya tidak lebih dari 150 lembar padahal pemilih yang berasal dari warga campuran itu, cukup banyak.

Lanjutnya, “Ada yang bilang, kita bakar saja surat suara yang sudah dicoblos sebelumnya karena khawatir tetap dihitung di KPU tapi ya sudah, itu untuk bukti kata mereka”.

 Antrianpun makin padat di TPS tersebut, dengan kondisi yang tidak nyaman, petugas yang kurang dan tempat mencoblos yang tidak tertutup alias berdekatan dengan bilik suara sehingga terlihat orang menumpuk di bilik suara.(Tim/AlDP).