Di Tengah Kota Kabupaten, SMP Satu Atap Kanda Kurang Diperhatikan

Di Tengah Kota Kabupaten, SMP Satu Atap Kanda Kurang Diperhatikan

Jayapura-Sungguh terlihat sangat memprihatinkan kondisi bangunan dan fasilitas SMP Satu Atap Kanda, di Distrik Waibu KabupatenJayapura.

Sekolah ini memiliki 3 kelas yang awalnya merupakan bangunan dari SD YPK Kanda tanpa ruang guru sehingga rumah guru SD PYK Kanda yang dipakai sebagai ruang guru. Sedangkan ruang perpustakaan, laboratorium dan MCK belum tersedia.

“Ini tidak layak,” Ujar Gerson Enthong STh, Wakepsek SMP Satu Atas Kanda.(03/11/2013).

Sebagai guru mereka belum mendapatkan fasilitas seperti perumahan atau sepeda motor, sehingga untuk kesekolah mereka mengunakan motor motor pribadi atau naik kendaraan umum.

“Padahal kendaraan umum sangatj arang, masuk kesini, kita harus menunggu lama”.

Lanjutnya, “Buku pelajaran memang tersedia, meskipun tidak lengkap,tapi kalau kita mau minta siswa beli juga pikir-pikir karena keterbatasan ekonomi orang tua mereka”.

Aktifitas di sekolah difokuskan untuk kegiatan belaja rmengajar di dalam kelas tanpa kegiatan ekstrakurikuler atau sejenisnya. Hal ini untuk menjaga agar sekolah dapat mengejar ketertinggalan dari sekoah yang lain.

Menurut Gerson jika dibanding dengan sekolah pada Distrik di sekitar Genyem atau Nimbokrang, sekolah mereka masih berada‘ ditengah’ kabupatenJayapura.

“Distrik Waibu, kampung Kanda ini masih dekat, tidak sampai 30 menit dari Kantor Bupati Gunung Merah tapi tidak diperhatikan dengan baik,”katanya datar.

Mengenai kualitas anak didiknya, Gerson mengakui masih butuh waktu untuk terus dimotivasi dengan berbagai fasilitas yang terbatas.

“Sekolah memerlukan dukungan dan motivasi yang kuat dari orang tua agar anak-anak menjadi cerdas, dari kampungnya sendiri,” ujarnya dengan semangat.(Tim/AlDP).