Di Polda Papua, Areki Belum Diperiksa

Areki 3Jayapura-Di hadapan keluarga dan Penasehat Hukumnya, Areki menceritakan proses perjalanannya ke Jayapura. Dia merasa sedih telah meninggalkan Wamena, di sana ada keluarga besarnya, anak-anak yang dia pelihara juga masyarakatnya.

Ceritanya, setiba di Polda Papua, dilakukan Pelimpahan Berkas dari Polres Jayawijaya dengan Polda Papua.

Saat itu sempat terjadi pembahasan yang cukup lama, sehingga Areki yang masih diborgol harus ‘disimpan’ di satu pojok dan kemudian petugas reskrim Polres Jayawijaya kembali melanjutkan Pelimpahan dengan pihak Polda Papua.

Keesokan harinya(13/08/2014), Istri Areki, 2(dua) orang saudaranya dan tim PH yang ada di Wamena tiba di Jayapura dan langsung ke Polda Papua untuk mengecek keberadaan Areki sekaligus melakukan koordinasi dan rencana pemeriksaan selanjutnya.

“Saya sempat berkoordinasi dengan wadir reskrimsus dan juga tim penyidik di kantor Imigrasi pagi tadi, tapi mereka minta bersabar karena mereka masih koordinasi soal jurnalis asing dulu,” Ujar Anum Siregar SH.(13/08/2014).

Waktu yang ada kemudian digunakan oleh Tim Penasehat hukum untuk berdiskusi dengan Areki mengenai kronologis, proses yang sudah dilalui dan langkah tindak lanjut yang akan mereka lakukan.

Areki dituduh melakukan Tindak Pidana Makar dan Tindak Pidana Keimigrasian. Selain Areki Polisi telah menetapkan 2 orang jurnalis asing sebagai Tersangka. Selain itu memeriksa 3 orang saksi dan masih akan memanggil beberapa orang lainnya untuk dimintai keterangan sebagai saksi.(Tim/AlDP).