Dana BK3 2012 Kampung Bagia PIR III Belum Cair
KPU

Dana BK3 2012 Kampung Bagia PIR III Belum Cair

Keerom-Berbeda dengan apa yang diungkapkan dalam berbagai kesempatan dan di berbagai media oleh pemerintah Kabupaten Keerom bahwa 100% dana BK3 tahun 2012 untuk 61 Desa sudah dicairkan, kenyataan berkata lain. Adam Takndarlele, kepala Kampung Bagia PIR III Distrik Arso Kab Keerom yang ditemui di rumahnya (08/05/12) mengungkapkan bahwa untuk tahun 2012 dana BK3 untuk kampung mereka belum cair. “Kita sudah tanya berkali-kali, katanya uang belum ada. Karena kita memang jatahnya dari APBN, bukan otonomi khusus seperti kampung-kampung asli” ungkapnya.

Kampung Bagia sendiri tidak bermasalah dengan laporan tahun 2011 lalu, bahkan terhitung sebagai kampung yang pelaporannya sudah bagus. Dana BK3 2011 sudah digunakan untuk membangun 2 unit rumah dan bantuan modal usaha bagi warga.

Selama tahun 2012, di Kampung Bagia tidak ada kegiatan pembangunan karena selain BK3,  Dana RESPEK untuk tahun 2012 juga belum dicarikan pemerintah. Dia pun meminta pemerintah Daerah Keerom untuk segera mencairkannya. “Kalau bisa pemerintah tepat waktu, karena mengulurkan waktu kami menjadi sasaran. Masyarkat menuduh bahwa kami makan uang”.

Jika dilihat dari jumlah penduduk, Bagia sebenarnya didominasi oleh masyarakat asli. Berdasarkan data BPS Kabupaten Keerom, dari 87 KK hanya 24 KK yang pendatang. Pemerintahan Kampung pun pernah menyampaikan hal ini kepada pemerintah, tetapi pemerintah berasalan bahwa dalam semua dokumen di pemerintahan kampung Bagia terhitung sebagai daerah transmigrasi.Sehingga ada aturan yang berbeda untuk merealisasikan dana BK3. (01/AlDP)