Bokoianus Sedang Tiup Balon, Kena Tembak

Bokoianus Sedang Tiup Balon, Kena Tembak

Seorang Anak yang Jadi Korban Penembakan di Enorotali

Enarotali-Bokoianus Somay adalah salah seorang korban penembakan yang diduga dilakukan oleh aparat kepolisian pasca penembakan yang menewaskan seorang anggota polisi Brigadir Yohan Kisiwaitou(21/08/2012) di Ujung lapangan(bandara) Enarotali kabupaten Paniai.

“Waktu itu saya menunggu teman-teman di pelabuhan mau pulang ke Intan Jaya,” demikian pengakuannya dalam bahasa daerah yang diterjemahkan oleh Harun Agimbau, anggota DPRP saat anggota DPRP dari DAPIL V melakukan serangkaian kunjungan ke Kabupaten Paniai untuk meninjau situasi keamanan pasca beberapa peristiwa kekerasan sepanjang Agustus 2012.(02/09/2012).

Bokoianus, tidak mengetahui persis kejadian penembakan yang begitu cepat terjadi di ujung lapangan saat anggota polisi sedang mencuci mobil.  Tempat cuci mobil dengan pelabuhan tempatnya berdiri kurang lebih 20 meter.

Saat itu bocah berusia 10 tahun, kelas 2 SD Inpres Wandei ini hendak kembali ke  kampungnya di Wandei, Kabupaten Intan Jaya dengan menggunakan speedboat setelah membeli keperluan sekolah seperti buku,pensil dan tas.

“Saya sedang tiup balon, langsung peluru kena saya,” katanya lagi. Saat itu keluarga tidak berani langsung membawa Bokoianus ke rumah sakit dan memilih hingga tanggal 1 September baru membawanya ke RSUD Paniai.

”Tidak ada mobil, Enarotali sepi dan kami takut, “demikian pengakuan pihak keluarga sambil mendampingi Bokoianus yang terlihat masih trauma.

Dokter Zadrak Andreas Tewenusa Spesialis Bedah yang menanganinya, mengatakan,” Puji syukur, kondisinya dapat diatasi. Diperkirakan peluru menembus diantara jari telunjuknya, kemudian melewati bahu dan belakang. Anak ini stabil, besok kami akan mengecek lagi kondisi jari tangannya untuk memutuskan tindakan selanjutnya.Tidak ada proyektif”.

Informasi lain yang didapat dari pihak keluarga, mengatakan saat menyelamatkan Bokoianus dan merawatnya di rumah sekitar Enarotali, mereka sempat mengeluarkan peluru yang bersarang di bahu Bokoianus.(Tim/AlDP).