Berita

Bengkel Latihan Alsintan Kurik Terlantar

Merauke – Bengkel Latihan Alat dan Mesin Pertanian di Kampung Sumber Mulya, Distrik Kurik, Merauke, dibiarkan terlantar. Sudah dua bulan sejak dibangun, balai tersebut belum juga memulai aktivitas latihan kerja.

“Kurang tahu, itu sudah dua bulan lalu dibangun, tapi sekarang belum ada orang yang datang resmikan,” kata Agustinus Balagaize, warga Sumber Mulya, kemarin.

Ia mengatakan, balai itu sangat diperlukan petani di Sumber Mulya. “Petani disini punya mesin bajak dan lain-lain, kalau bengkel atau balai itu sudah bisa jalan, itu kan bagus, kita bisa belajar memperbaiki mesin yang rusak,” ujarnya.

Bengkel Alsintan Karya Abadi dibangun oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Merauke dilahan seluas 500 meter. Bengkel tersebut bantuan dari Direktorat Jenderal PSP untuk tahun anggaran 2011.

Warga yang nantinya menggunakan berasal dari Gabungan Kelompok Tani Sri Sejati Sumber Mulya. “Ini bantuan yang sangat berharga, tapi kalau mubasir, ya tidak ada gunanya,” kata Agustinus.

Dari pantauan ALDP, bengkel itu tak berisi alat pertanian. Dalamnya kosong dan terlihat bekas-bekas pembangunan yang belum dibersihkan. Bengkel senilai ratusan juta itu dibangun juga di Distrik Jagebob. “Disini belum ada tanda-tanda pemakaiannya,” kata Sukarman, petani di Jagebob.

Pembangunan Bengkel Alsintan merupakan program pemerintah Merauke untuk lebih mendorong mekanisasi pertanian yang lebih baik. Sebagai daerah pangan, bengkel tersebut menjadi syarat mutlak dimana petani mempelajari mesin pertanian. “Kita harap bisa segera dibuka agar petani yang kesulitan memperbaiki atau belajar alat, bisa segera tahu,” kata Sukarman. (02/ALDP)