Bapas Merauke Butuh Kendaraan  Operasional

Bapas Merauke Butuh Kendaraan Operasional

Ilustrasi Penjara Anak

Merauke-Kendaraan operasional dalam hal ini mobil sangat dibutuhkan oleh petugas Balai Pemasyarakatan(Bapas) Merauke, “mengingat wilayah kerja Bapas yang sangat luas, “ujar kepala Bapas Merauke Lelmalaya Yosoa, S.sos saat ditemui diruang kerjanya pekan lalu.

Hingga kini Bapas Merauke hanya memiliki  tiga unit kendaraan roda dua (motor)  yang juga sudah tergolong tua dan memprihatinkan, sehingga  seringkali menjadi kendala bagi petugas Bapas dalam menjalankan aktifitas kesehariannya.

“Jujur saja dana operasional untuk pembelian bahan bakar  bagi kendaraan operasional (motor) sangat minim sehingga seringkali kami harus berupaya untuk dapat mengatur pembelian bahan bakar, bahkan terkadang petugas Bapas mengeluarkan sendiri dana pribadinya dan hal ini sangat memprihatinkan, “ kata Yosoa. S.sos.

Katanya, dengan memiliki fasilitas mobil maka dapat memaksimalkan kinerja petugas Bapas, “karena tugas Bapas bukan saja mendampingi anak ketika ada masalah,  namun Bapas juga mempunyai tugas dalam mencegah terjadinya tindak kekerasan terhadap anak dengan cara sosialisasi UU anak dan pengadilan anak”.

Anak perlu didampingi mulai dari proses pengadilan anak dan pelaksanaan putusan hakim. Katanya, peradilan dan pemidanaan terhadap anak, hampir tidak mendapatkan perhatian dari pihak manapun.

Menurutnya, pihaknya sudah meminta bantuan kepada pihak pemda Merauke agar dapat memberikan bantuan berupa kendaraan roda empat (mobil) sehingga dapat memaksimalkan peran petugas Bapas, namun sampai saat ini belum ada jawaban dari pihak pemda setempat.

Yosoa,S.sos sangat menyayangkan keberadaan Bapas saat ini, beliau berharap agar ke depannya pemerintah daerah setempat dalam hal ini pemerintah Merauke lebih serius dalam menangani permasalahan anak dan memberikan dukungan bagi Bapas Merauke. (Tim/ALDP)