Aspirasi Pemekaran Yapen Utara Terpecah Belah

Aspirasi Pemekaran Yapen Utara Terpecah Belah

Serui – Aspirasi pemekaran kabupaten Yapen Utara disebabkan kekecewaan warga yapen Utara terhadap pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, demikian menurut Filemon Kuwe kepala kampung Rosbori di Yapen Utara.

“Selama ini kami dianaktirikan dalam pembangunan di Yapen, di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi maupun infrastruktur.Jika begini maka kami lebih baik menjadi kabupaten berdiri sendiri atau bergabung dengan kabupaten Biak saja,” tambahnya ketika dijumpai AlDP Online pekan lalu.

Menurut Orgenes Runtuboi mantan kepala Bappeda Serui, “Dulu memang kami berencana membuat dua kabupaten saja yaitu Yapen bagian Utara dan bagian Selatan karena hanya sekitar 20-30% saja dana pembangunan yang diberikan ke Yapen bagian Utara”.

Menurutnya semula direncanakan pemekaran Yapen Utara tapi kini aspirasi warga malah terpecah karena yang muncul pemekaran untuk kabupaten di Yapen Barat Utara (Yabaru) dan Yapen Timur. Akibatnya beberapa wilayah di Yapen Utara turut juga dimasukan dalam wilayah Yabaru maupun Yapen Timur.

Yapen Bagian Utara terdiri dari beberapa distrik yaitu mulai dari Barat terdiri dari Distrik Poom, Windesi, Yapen Utara serta Raimbawi. Masing-masing Poom dan Windesi saat ini masuk dalam rencana pemekaran Kabupaten Yapen Barat Utara. Sementara Distrik Yapen Utara dan Raimbawi masuk dalam rencana pemekaran Yapen Timur.

“Situasi ini akan rumit karena akan menimbulkan konflik di tingkat akar rumput, terjadi perebutan wilayah untuk masuk di wilayah pemekaran kabupaten,” kata Ebson salah satu aktifis pekerja social. Katanya, berubahnya wilayah dalam aspirasi pemekaran disebabkan aspirasi pemekaran yang diperjuangkan sejak tahun 2007 belum berhasil sehingga sebagian warga membentuk aliansi baru untuk pemekaran kabupaten. (04/AIDP)

  • eli doisi worabai Betay

    Sangat disayankan, jika bicara pemekaran tentu identik dengan pembangunan. Dalam proses pembangunan tentu administrasi pembangunan mewarnai dan mendominasi segala upaya yang dikerjakan.., pertentangan pemahaman soal pemekaran merupakan hal yang wajar. Saya melihat pertentangan ini terjadi kerena karakter dan konsep diri yang belum memahami,apa itu pembangunan dan prosesnya.
    Tapi di satu sisi pertentangan ini ada positifnya,karena ada keinginan besar yang menuju kepada suatu perubahan yang sesungguhnya. oleh karena itu, ijinkan saya sampaikan saran saya, bila visi tidak disatukan maka yang terjadi adalah publik jadi korban dan tujuan pemekaran tidak pernah tercapai,yang berikut kita harus tahan hati kita yang penuh rasukan setan dan fokus kepada satu saja dulu,yaitu YABARU…..,kita fokus untuk menjalankan upoaya administrasi publik pra pemekaran YABARU …….

  • eli doisi worabai Betay

    Jika kita mau membangun,sebaiknya kita perbaiki infrastruktur pembangunan di hati kiita,maka dengan sendirinya dan sudatentu masyarakat kita akan dibangun,tapi jika pertentangan terjadi saat masih dalam proses,saya berpikir masyarakat kita lebih paham menilai. oleh karena itu kepada tim yang suda terbentuk untuk urus yabaru dari awal, kita harus percaya sama mereka, kalaupun mereka ada buat salah,ya…. itu urusan mereka dengan Tuhan….mari kita satukan hati kita dan pegang tangan serta jalan seperti orang tua kita dulu-dulu. OK. mari kita senyum bersama…agar rakyat di wilayah kita menikmati administrasi pembangunan. Salam dari Saya .Eli Doisi Worabai Betay dan Keluarga di Jayapura.

  • Kefin Robben

    Salut dgn yg disampaikan oleh Bpk. Edi Worabay.
    Tim yg telah d bentuk, tapi klw kerja tdk benar (GANTI SAJA) dgn saudara2x yg kerjanya benar dan jelas, sasarannya….. Kami masyarakat butu Pembangunan (Dalam Sebutan Umum PEMBANGUNAN)antara lain :
    1. Kesehatan
    2. Infrastruktur (jalan)
    3. Pendidikan

    Semoga TUHAN YESUS menolong mereka yg dengan iklas mengurus kepentingan/aspirasi masyarakat akar rumput ini.

    Salam Hangat dlm pulau seribu (AMBAI)

  • eli doisy worabai

    Sya sependapat dengan sdr.Kevin, saat ini tim pertama kelihatannya suda diganti, makanya aekarang ada outputnya, yang jelas yang dikerjakan adalah berbagai aspek pembangunan.

    Salam sejahtera, saudara..

    dari jayapura

  • http://- jk

    APA BILA PEMEKARAN JELAS DILAKSANAKAN
    TOLONG UNTUK DI BENAHI TERLEBIH DAHULU PERANGKATNYA DAN DI KROSCEK KEMBALI TIAP-TIAP DISTRIK YANG AKAN DI MEKARKAN,….
    SEHINGGA DI KEMUDIAN HARI
    TIDAK TERDAPAT DAPAK SEPERTI
    KABUPATEN YANG LAIN,…….

    TUHAN YESUS MEMBERKATI,…JK