Areki Wanimbo Mengajukan Praperadilan Terhadap Kapolres Jayawijaya

Pengadilan WamenaWamena-Ketua Dewan Adat Lani Jaya, Areki Wanimbo melalui Penasehat Hukumnya dari AlDP mengajukan Gugatan Praperadilan terhadap Kapolres Jayawijaya.

“kami berpendapat bahwa ada kesalahan formal yang dilakukan oleh Pihak Polres Jayawijaya terhadap klien kami pada saat menangkap dan menahannya,” jelas Yusman Conoras SH, salah satu anggota Tim PH usai mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Negeri Klas II A Wamena(04/09/2014).

Lebih lanjut Yusman mengatakan bahwa pasal-pasal yang diituduhkan kepada kleinnya berubah-ubah di Surat Perintah Penangkapan, Penahanan dan saat pemeriksaan di Polda Papua.

“Hal ini menunjukkan penyidik tidak cermat dalam merumuskan pasal yang dituduhkan kepada Areki, Areki ditahan tidak berdasarkan bukti permulaan yang cukup, karena pasalnya diubah-ubah,apa uraian peristiwanya,pasal apa yang dipakai,bukti apa yang digunakan,” tandasnya.

Gugatan Praperadilan yang diberi nomor: 01/Pid.Pra/2014/PN.Wmn akan dilangsungkan pada tanggal 10 september 2014 sebagaimana Relas yang telah dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Wamena tanggal 5 Septe,ber 2014.

Tim Penasehat hukum berharap agar hakim dapat memeriksa perkara ini dengan seadil-adilnya berdasarkan aturan yang berlaku demi menciptakan kinerja aparat penegak hukum yang professional.(Tim/AlDP)