Areki Wanimbo Akan Di Sidang di Wamena

IMG20141015101303Jayapura-Setelah menunggu waktu yang cukup lama, akhirnya didketahui bahwa Areki Wanimbo, yang disangka terlibat kasus makar, akan disidangkan di Pengadilan Negeri Wamena.

“Sudah ada konfirmasi dari pihak penyidik polda Papua, Areki akan disidangkan di Wamena,” Ujar Anum Siregar.(01/12/2014).

Areki Wanimbo kelahiran Karunggame adalah kepala suku besar Lanny Jaya, ditangkap tanggal 6 Agustus 2014 karena dituduh melakukan kejahatan terhadap keamanan negara(makar) sebagaimana rumusan Pasal 106 KUHP Jo Pasal 110 KUHP Jo Pasal 53 KUHP.

Areki ditangkap di rumahnya yang berada di Sinakma Wamena setelah didatangi oleh 2 jurnalis asing asal Perancis yang turut ditangkap dan kini sudah bebas setelah menjalani pidana penjara selama 2,5 bulan.

Masa perpanjangan penahanan ke-2 terhadap Areki Wanimbo dari Ketua Pengadilan Negeri Jayapura akan berakhir pada tanggal 4 desember 2014.

“Menurut penyidik P21 sudah lama turun dari Kejaksaan Tinggi, maka setidaknya pada tanggal itu(4 desember 2014), Areki akan dilimpahkan ke Kejaksaan, karena akan di sidang di Wamena jadi akan dilimpahkan ke Kejaksaan negeri Wamena.,” jelasnya lagi.

Dirinya juga mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan pihak penyidik terkait proses pemberangkatan Areki Wanimbo ke Wamena.

“Pak Areki sehat dan sudah tahu akan dipindahkan ke Wamena,” katanya kemudian sambil berharap sidang akan berjalan lancar dan ada keadilan buat kliennya. Areki akan didampingi oleh Koalisi LSM dari AlDP dan LBH Papua dan YTHP Wamena sebagai tim advokasi non litigasi.(Tim/AlDP).