Areki Minta JPU Hadirkan 2 Jurnalis Asing

Areki Minta JPU Hadirkan 2 Jurnalis Asing

Wamena-Persidangan Areki Wanimbo, terdakwa kasus makar di Pengadilan Negeri Wamena sempat tengang ketika Areki Wanimbo meminta Jaksa Penuntut Umum(JPU) untuk menghadirkan 2 jurnalis asing asal Perancis sebagai saksi.

Awalnya Areki Wanimbo terlihat tenang saat memasuki ruang sidang, seperti biasa, gayanya selalu santun member hormat pada majelis hakim, JPU dan pengacara. Tak lupa Wanimbo, menghadap ke pengunjung sidang yang padat memenuhi kursi di bagian kiri dan kanan ruang sidang. Mereka adalah keluarga,kerabat dan masyarakatnya.

Saat sidang dibuka, JPU mengatakan bahwa tidak ada saksi yang dapat dihadirkan.

“Kami sudah memanggil 3 orang saksi yakni Denny Dow, Yohanis Patipelohy(anggota Polres Jayawijaya) dan Theo Hesegem,” Ujar JPU Teguh Basuki SH,MH didampingi 2 JPU lainnya.(04/03/2015).

Lanjut JPU,” Denny Dow sedang di Nabire, Yohanis Patipelohy sedang mengikuti kursus di Jayapura dan akan hadir pada sidang berikutnya sedangkan Theo Hesegem mengatakan belum menerima panggilan”.

Ketika hakim ketua memberikan kesempatan kepada terdakwa Areki Wanimbo untuk menyampaikan pendapatnya, Wanimbo langsung bersuara tegas.

“Saya minta jaksa memanggil 2 wartawan asing!” pintanya

Hakim mengatakan bahwa yang dipanggil lebih dulu adalah saksi-saksi yang ada di dalam BAP(Berita Acara Persidangan), namun kemudian ditambahkan bahwa permintaan terdakwa akan disampaikan ke JPU.

“Saat dia diadili saya jadi saksi, saya diadili baru mereka ada dimana?,” kata Wanimbo.

Permintaan Areki Wanimbo ini sempat membuat suasana sidang yang awalnya tenang menjadi agak ramai. Sebelumnya Theo Hesegem saat akan memberikan keterangannya, meminta agar JPU menghadirkan 2 jurnalis asing asal Perancis, saat itu Theo Hesegem urung memberikan kesaksiaan.

Sidang kemudian ditunda hingga tanggal 11 Maret 2015 masih dengan agenda pemeriksaan saksi.(Tim/AlDP).