Areki Menjalani Pemeriksaan Tambahan

Areki Menjalani Pemeriksaan Tambahan

Jayapura – Areki Wanimbo ,kepala suku besar Lanny yang dituduh melakukan makar, kembali menerima perpanjangan penahanan sampai dengan tanggal 4 desember 2014.

Surat perpanjangan dikeluarkan berdasarkan Penetapan Pengadilan Negeri Jayapura diberi nomor:243/Pen.Pid/2014/PN Jap tertanggal 31 Oktober 2014 ditandatangani oleh Plh Ketua Pengadilan Negeri Jayapura, Maria M Sitanggang SH,MH.

Areki yang masih ditahan di Rumah Tahanan Polda Papua masih menjalani pemeriksaan tambahan pada tanggal 3 November 20       14.

“Berkasnya sudah diserahkan ke Kejaksaan, tapi kata penyidik masih perlu pemeriksaan tambahan lagi,” Ujar Anum Siregar.(03/11/2014).

Menurutnya Areki diperiksa terkait dengan perannya sebagai kepala suku besar yang selama ini selalu menginisiasi perdamaian.

Lanjutnya,“Beliau dikenal sebagai tokoh yang membantu usaha-usaha perdamaian bahkan berperan sangat besar. Kita apresiasi kalau penyidik juga melihat itu”..

“Bahkan yang kita inginkan sejak awal, kriminalisasi terhadap Areki harusnya dihentikan. Jangan terkesan memaksakan kasus ini untuk diproses,”tegasnya.

Areki Wanimbo ditangkap tanggal 6 Agustus 2014 karena dituduh terlibat dalam gerakan separatis, dia dituduh dengan pasal yang berganti-ganti, terakhir dirinya dituduh melakukan makar ,sebagaimana pasal 106 KUHP jo Pasal 110 KUHP Jo Pasal 53 KUHP.

Bersama Areki telah ditangkap 2 jurnalis asing asal Perancis, yang sudah diputus pidana 2,5 bulan penjara.(Tim/AlDP)