Apa Sajakah Barang Bukti Areki?

Areki2Jayapura-Saat melakukan penangkapan terhadap Areki Wanimbo, Polisi menggeledah isi rumahnya, mulai dari bagian depan hingga bagian belakang yang merupakan kamar dari anak-anak asal kampung Pirime yang dipeliharanya untuk bersekolah.

Satu handphonem seikat panah dan sebuah buku ikut diamankan oleh polisi saat itu. Kata Areki, handphone jenis nokia itu miliknya.

“Panah ada satu ikat, itu panah yang saya amankan saat ada konflik di Nduga, karena saya kepala suku, jadi saya yang simpan,” jelasnya(13/08/2014).

Sedangkan buku tulis usang adalah milik anak-anak yang dia pelihara. Dia mengatakan tidak tahu apa saja isinya.

Sewaktu Areki diperiksa, Cory Silpa SH, Penasehat hukumnya sempat melihat catatan mengenai Barang Bukti, hanya tertera satu buah handphone dan buku, tidak tertulis seikat panah.

Ketika Penasehat Hukum berusaha untuk menanyakan kembali, pihak penyidik Polres Jayawijaya terkesan mengelak.

Areki ditahan dan diperiksa di Polres Wamena, selain Areki terdapat 2 Jurnalis berkebangsaan Perancis turut diamankan. Juga ada 3 orang lainnya diperiksan sebagai saksi.

Tanggal 12 Agustus 2014, Areki bersama Kasat Reskrim dan 2(dua) orang anggota Reskrim Polres Jayawijaya diterbangkan dengan tangan diborgol ke Jayapura, menggunakan pesawat Trigana.(Tim/AlDP).