Anum Siregar :Tidak Terbukti Unsur Makar

Anum Siregar :Tidak Terbukti Unsur Makar

080515 1Wamena – Tim Penasehat Hukum Areki Wanimbo menyampaikan kontra memori kasasi Areki Wanimbo

Putusan Pengadilan Negeri Wamena Nomor 01/Pid.B/2015/PN Wmn tanggal 08 Mei 2015 dinilai sudah sangat tepat oleh tim Penasehat Hukum Areki Wanimbo.

“Majelis hakim telah menerapkan hukum dengan tepat dengan melihat fakta-fakta di persidangan,” jelas Anum Siregar SH dalam kontra memori kasasi.(17/06/2015).

“Unsur makar yang dimaksud dengan memisahkan sebagian wilayah negara sebagaimana bunyi pasal 106 KUHP sudah diurai dengan jelas selama persidangan dan Areki Wanimbo terbukti tidak melakukan makar”.

Siregar mengutip bunyi pasal 87 KUHP yakni unsur makar hanya ada 2 yakni niat dan permulaan pelaksanaan. Bahwa dari fakta persidangan jelas terbukti Areki Wanimbo tidak memiliki niat. Bahwa tidak ada inisiatif dari Areki untuk membuat pertemuan atau menyiapkan pertemuan.

Bahwa saat penggeledahan di rumahnya tidak ditemukan amunisi, senjata atau uang untuk transaksi amunisi. Fakta ini bertolak belakang dengan keterangan saksi Nursalam Saka bahwa rumah Areki dipakai rapat gelap dan ada transaksi amunisi.

Selain itu, Siregar juga mengatakan bahwa tidak ada tindakan permulaan pelaksanaan yang dituduhkan pada kliennya.

“Areki menandatangani surat karena didesak oleh saksi Piter Wanimbo yang menjanjikan akan menjelaskan pada kesempatan berikutnya. Areki suda kenal lama dengan saksi jadi dia percaya dan juga saksi adalah atasannya di kantor,” tandasnya.

Dalam kontra memori kasasi, Siregar juga menolak permohonan kasasi JPU karena menurutnya tidak sesuai dengan alasan kasasi sesuai pasal 253 Ayat (1) KUHAP.

“Dalam uraian di memori kasasi, JPU menekankan pada penilaian pembuktian unsur dan bukan pada penerapan hukumnya, jelas ini di luar lingkup kewenangan kasasi”

Lebih lanjut Siregar berharap agar Majelis hakim kasasi menguatkan putusan dari Pengadilan Negeri Wamena.(Tim/AlDP).