AlDP Memfasilitasi  Kajian Indikator Papua Tanah Damai

AlDP Memfasilitasi Kajian Indikator Papua Tanah Damai

Forum Kajian Dialog Jakarta-Papua

Merauke-Setelah melakukan sosialisasi kampanye dialog Jakarta Papua sepanjang tahun 2010-2011, Aliansi Demokrasi untuk Papua bekerjasama dengan Jaringan Dana Papua(JDP) dan Tifa Foundation melaksanakan Forum Kajian mengenai Indikator Papua Tanah Damai(IPTD).

“Forum ini untuk menyampaikan IPTD yang sudah dihasilkan oleh Konferensi Perdamaian Papua(KPP) pada juli 2011, ” jelas Anum Siregar direktur AlDP saat menyampaikan pengantarnya pada acara dimaksud.(29/08/2012).

Anum menjelaskan bahwa IPTD yang dihasilkan dalam KPP menggambarkan perspektif orang Papua.  “Sekarang kita ingin mendengar yang dimaksud dengan Papua tanah damai dari non Papua atau komunitas strategis”.

Sebelumnya  masuk pada diskusi terfokus, Hamim Mustafa sebagai  koordinator program menyampaikan hasil Konsultasi Publik yang telah dilakukan oleh AlDP setahun sebelumnya pada 6 wilayah.

“Ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kami ketika melakukan konsultasi publik untuk kalangan non Papua,” katanya. Kala itu Merauke menjadi salah satu wilayah pilihan AlDP.

Kemudian dilanjutkan pemaparan IPTD dan diskusi umum untuk menyampaikan pandangan dan klarifikasi atas sejumlah hal terkait gagasan dialog Jakarta Papua. Setelah itu peserta dibagi dalam kelompok untuk pembahasan IPTD secara lebih detail.

Menurut Anum, hasil dari kajian akan didokumentasikan menjadi buku yang diharapkan akan memberikan kontribusi untuk membangun Papua sebagai tanah damai dan secara khusus berkontribusi terhadap gagasan dialog Jakarta Papua.

Forum kajian IPTD merupakan salah satu rekomendasi JDP saat melakukan evaluasi akhir tahun dan AlDP diberi kepercayaan untuk melaksanakannya khusus bagi kelompok non Papua. Forum akan dilakukan pada 6 wilayah di Papua dan Papua Barat.

Peserta diskusi berasal dari berbagai kelompok non Papua dan  hingga sore hari. Hadir juga Dr Muridan Satrio Widjojo sebagai salah seorang koordinator JDP. Juga sebagai fasilitator kelompok ada Yusman Conoras, Cory Silpa serta staff AlDP lainnya.(Tim/AlDP).