AlDP Launching Website Baru

AlDP Launching Website Baru

Jayapura-Pada akhir april,AlDP melaunching website baru yang dulunya bernama aldepe.com kini berubah www.aldp-papua.com.(25/04/2012).

Website AlDP memiliki tujuan untuk menampilkan informasi mengenai kondisi Hak Asasi Manusia(HAM) di Papua baik dari prespektif hak sipil,politik maupun ekonomi ,sosial dan budaya secara kontinyu. Menurut Yusman sebagai penanggunjawab,  pemberitaan di AlDP berusaha tidak terjebak pada media mainstream yang hanya berfokus pada isu-isu tertentu “sebab di Papua masih sangat banyak isu yang patut diangkat.Kami tetap juga mengangkat isu-isu fokus tertentu tapi tetap selektif”,Ujarnya.

Selama ini informasi mengenai HAM di Papua terutama dari wilayah-wilayah terpencil masih kurang diberitakan bahkan jikapun ada jarang mengisi halaman penting di media apalagi diberitakan secara terus menerus. “Padahal ini juga masalah serius dan besar di Papua misalnya mengenai pendidikan.Hampir semua situasi pendidikan di daerah terpencil bermasalah,tidak ada guru,tidak ada ruang belajar yang layak.Ini parah sekali,Ini paradoks ditengah-tengah banyaknya uang Otsus di Papua.

Selanjutnya, website juga mengangkat berita–berita yang tidak terekspos karena keterbatasan geografis dan juga karena adanya restriksi informasi yang diterapkan oleh pemerintah terutama terhadap beberapa media.Website di AlDP mengedepankan 2 prespektif yakni HAM dan structural.Dengan demikian hak masyarakat untuk mendapatkan informasi dapat juga dipenuhi.

Masih menurutnya website AlDP tidak mengejar target jumlah pembaca karena sebenarnya tujuan utama suatu informasi adalah disampaikan secara akurat pada orang-orang yang tepat membutuhkan informasi tersebut sehingga menjadi referensi serta mendorong dilakukannya perubahan.

Di banyak tempat di Papua misalnya, “kita tidak melihat wajah pemerintah,pemerintah  paling datang terutama distrik hanya pada waktu tertentu misalnya paskah, desember, musrembang dan bagi-bagi uang,setelah itu pemerintah tidak ada lagi di  tempat”.

AlDP berharap media dapat digunakan untuk mengadvokasi perkembangan HAM di Papua.Isinyapun menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari yang dikerjakan AlDP.

AlDP mencatat beberapa perkembangan dari publikasi yang mereka lakukan karena beberapa berita dijadikan referensi oleh pihak-pihak terkait. AlDP juga ingin bekerjasama dengan pengguna twitter dan facebook agar melalui jaringan social seperti itu advokasi HAM di Papua dapat disebarluaskan.(Tim/AlDP).