AlDP Gelar Training Paralegal Bagi Komunitas

AlDP Gelar Training Paralegal Bagi Komunitas

Jayapura-Aliansi Demokrasi Untuk Papua (AlDP) dalam menjalankan perannya, guna mendampingi masyarakt kecil di tingkat kampung yang mengalami perkara hukum dalam mencari dan mendapat keadilan dari hukum itu sendiri, menggelar Training Paralegal Bagi Komunitas.

“Peserta training nantinya akan membantu kerja-kerja hukum di kampung atau komunitasnya,” kata” Direktur AlDP, Latifah Anum Siregar.SH di depan Peserta Paralegal, Selasa 18/02/2014.

Peserta Training Paralegal yang mengikuti training selama 3 hari ini, terdiri dari dua Kabupaten, yakni Kabupaten Keroom dan Kabupaten Jayapura berjumlah 20 orang, sedangkan untuk kota Jayapura, tidak menjadi urgen untuk dilakukan training terlebih lagi akses untuk hukum lebih mudah didapat.

Pelatihan diawali dengan pembekalan materi awal yakni “Tantangan penegakan hukum dan solusinya di Papua”.

Materi ini disampaikan secara panel oleh Kabid Propam Polda Papua Kombespol. Usman.H,SH.MH dan Kabid Pelayanan Hukum Kanwil Hukum dan HAM provinsi HAM Papua Margono,SH.MH.

Jelasnya, ” Ketika, orang ditangkap atau ditahan oleh pihak penegak hukum dalam sebuah kasus, kadang ada pertanyaan atau pertentangan dari keluarga. Banyak hal yang masih harus diungkapkan dan diketahui oleh mereka tapi tidak cukup banyak orang yang dapat memberikan informasi hukum”.

“Apalagi ketika membutuhkan pengacara sedangkan pengacara tidak berada di komunitas mereka, pengacara berada di tempat yang jauh, maka keberadaan Paralegal ini dapat membantu dan mendampingi mereka,”kata  Anum.

Jelasnya,” Setelah, training Paralegal ini berakhir, AlDP sebagai wadah yang membina mereka, akan memperkenalkan Paralegal ini, kepada pihak penegak hukum yang ada di wilayah mereka, baik  Polres maupun Polsek setempat. Sehingga, alangkah baiknya, pihak Polda Papua yang saat ini hadir  memberikan materi, bisa menyampaikan kepada jajarannya  tentang keberadaan dan peran dari Paralegal ini”.

“Sehingga, sebagai pegangan untuk mereka, mereka akan bekerja di komunitas, AlDP akan melakukan supervisi juga mengajak mereka terlibat untuk pendampingan maka kita juga akan bersama-samadi Polsek atau Polres setempat, “ungkapnya. (RM/AlDP)