Berita

Aktivitas Kantor Pos di Distrik Waris Sepi

Kantor Pos Waris

Waris-Waris yang secara hukum merupakan ibu kota Kabupaten Keerom sudah memiliki satu kantor Pos yang dibangun tahun 1987, jauh sebelum Kabupaten Keerom memisahkan diri dari Kabupaten Jayapura. Kantor pos ini terletak di Kampung Banda dan disediakan untuk melayani masyarakat di distrik Web, Senggih, dan Waris. Bangunan kantor pos di Waris ini terdiri dari dua bagian yaitu kantor dan rumah pegawai.

Menurut keterangan Gaspar May (08/04/2012), satu-satunya petugas yang ada situ, bahwa kantor Pos sepi dari kegiatan pengiriman, biasanya hanya penerimaan saja, kalaupun ada biasanya hanya dari petugas keamanan perbatasan dan itu pun proses pengirimannya langsung di Arso. Oleh karena itu,kantornya hampir tidak pernah digunakan. Tidak ada aktivitas apapun di kantor yang di dalamnya hanya ada meja dan kursi yang tergeletak begitu saja dan halaman yang tidak terawat.
Gaspar May sendiri sudah bekerja di Kantor pos ini sejak tahun 1989. Kegiatannya sebagai petugas Kantor Pos di wilayah Waris adalah mengantarkan paket, wesel, dan pembayaran pensiunan. Pelayanan pendidikan yakni SD, SMP, dan SMA di ketiga wilayahnya itu menjadi pelanggan tetapnya. Karena kondisi jalan di wilayah Waris dan sekitarnya cukup sulit, maka kadang paket-paket tersebut dikirimnya(dititip kembali) lewat mobil-mobil lain yang sedang menuju ke tempat tujuan pengiriman dan aktivitas itu dilakukannya satu atau dua kali perbulan.
Setiap hari Rabu Gasper selalu turun ke Arso,Ibukota Kab Keerom untuk mengecek penerimaan barang di wilayahnya. Dia mengaku cukup menikmati profesinya sebagai petugas di Kantor pos ini. Untuk menjalankan aktivitasnya, dia diberi fasilitas satu kendaraan roda dua. Gaji yang diterima pun tidak tetap, berkisar 2 hingga 5 juta rupiah. “Kalau sedang kantor dapat banyak untung ya saya juga dapat banyak, kalau untung sedikit ya saya juga dapat sedikit” ujarnya (01/AlDP)