Air Bersih Segera Dinikmati Warga Kampung Soromasen
Anton Raharusun,SH Moderator Papua Lawyers Club

Air Bersih Segera Dinikmati Warga Kampung Soromasen

Max Rumayom Pejabat kepala kampung Soromasen

Serui-Ditahun 2010 Yayasan KIPRa Papua mempunyai program air bersih di kampung Soromasen distrik Yapen Utara kab kepulauan Yapen dengan memanfaatkan air kali Wadas yang terkenal kesegarannya dan masih alami

Selain membangun intake, yayasan KIPRa juga membiayai pemasangan instalasi hingga pemasangan pipa ke beberapa titik untuk bisa menjangkau perumahan warga.

Bersamaan dengan itu ada juga program air bersih dari PNPM Mandiri Respek yang menyediakan pipa-pipa hingga ke tiap rumah.

“Kami bersyukur kami ada perhatian dari pihak luar untuk membantu kebutuhan warga akan air bersih,”  demikian dikatakan mantan kepala kampung Yansen Rumayom ketika ditemui 29 Agustus lalu.

“Namun sayangnya pada Oktober 2011 terjadi banjir besar yang berdampak pada bak air yang dibangun warga di kali tersebut. Akibatnya warga kembali menggunakan air dari sumur sebelumnya sudah tidak digunakan lagi, “tambahnya.

Setelah melakukan komunikasi dengan Yayasan KIPRa Papua masyarakat kemudian kembali mengerjakan bak air yang telah rusak  dan memindahkan lokasi bak airnya sebagaimana dikatakan Yakob Rumambor salah seorang warga kampung.

Lanjutnya, “Saat ini bak sudah kami kerjakan dan tersisa membangun sambungan pipa sehingga air bisa dialirkan ke kampung. Kami berharap sebelum natal ini kami sudah bisa kembali menikmati air bersih dengan mudah”.

Menurut pejabat kepala kampung Max Rumayom, “Kami mendapatkan bantuan dari yayasan KIPRa Papua untuk membangun kembali bak yang sudah hancur karena keterbatasan dana ada bantuan Dana Pemberdayaan dari Kabupaten sebesar  Rp 5.000.000”.

“Kami berharap awal bulan September kami sudah memasang pipa sehingga tidak lama lagi warga sudah bisa kembali menikmati air bersih, “ ujarnya (AS/Yapen)