Air Bersih Sangat Didambakan di Sewenui
Rumah Guru di Kampung Kibay

Air Bersih Sangat Didambakan di Sewenui

Yapen-Kampung Sewenui adalah salah satu dari enam (6) kampung di distrik Raimbawi Kabupaten Kepulauan Yapen. Distrik Raimbawi letaknya di bagian Timur pulau Yapen.

Ditahun 2006 dibangun bak penampungan di kali Puri yang kemudian dilanjutkan tahun 2007/2008 dengan membangun instalasi pipa dengan menggunakan sumber dana Respek (program PNPM Mandiri).

Menurut Esau Papei salah satu pemuda kampung, sudah beberapa tahun ini warga belum bisa menikmati air bersih secara baik. Hal ini dikarenakan adanya perubahan perencanaan bak air yang dipindahkan sendiri oleh warga yang menjadi pekerja pada proyek tersebut. Akibatnya debit air kecil sehingga tidak bisa melayani warga semua.

“Kami sudah koordinasi dengan pengurus Kabupaten maupun distrik program PNPM Mandiri, namun katanya akan diperjuangkan walau sudah kecil kemungkinan karena menurut aturan PNPM program air bersih sudah pernah dilakukan sehingga tidak bisa lagi dilakukan kembali,” terangnya pekan lalu.

Pelepina salah seorang ibu rumah tangga juga mengeluhkan pelayanan air bersih, katanya,” “kami sangat sulit karena banyak pekerjaan kami yang membutuhkan air, baik itu mencuci, air minum, masak, termasuk mandi”.

Untuk mandi dan mencuci warga masih  menggunakan air kali yang ada di kampung. Sementara untuk air minum warga harus menampung air hujan atau mengambil air dari bak penampungan yang cukup jauh.

“Bisa jadi salah satu sebab karena air sulit inilah yang menjadikan petugas kesehatan dan guru jadi enggan ke kampung,” katanya. Warga berharap agar usulan dana  pemberdayaan kabupaten tahun 2012 untuk  memperbaiki sarana air bersih dapat dikabulkan, ”sehingga kami tidak lagi terlalu kesulitan mendapatkan air bersih”.(04/AIDP)