Air Bersih Belum Ada di Kantor Pemerintah

Air Bersih Belum Ada di Kantor Pemerintah

Pembangunan air bersih

Serui-Meskipun sarana air bersih sudah dibangun sejak tahun 2004 dengan menggunakan sumber dana Percepatan pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) namun belum bisa dimanfaatkan oleh kantor pemerintah yang ada di Waindu distrik Raimbawi kabupaten kepulauan Yapen.

 “Untuk kebutuhan air terpaksa kami membeli mesin dub untuk mengambil air dari sumur warga. Hal ini karena pipa air yang ada sudah tidak bisa digunakan dan tidak menjangkau kantor dan kopel distrik,”  dmikian dikatakan Yubelina W, S.Sos kepala distrik Raimbawi pekan lalu.

Bahkan pipa dan bak air yang sudah dibuat hingga ke areal Pustu, rumah dokter dan kopel  kesehatan serta Puskesmas juga tidak bisa mengalir.

“Kami khawatir jika besok Puskesmas ini sudah beroperasi sementara air belum bisa mengalir, pasti akan mengganggu aktifitas pelayanan kesehatan, “Ujarnya lagi.

Menurutnya, pihak distrik sudah mengusulkan ke Pemda Yapen melalui Musrenbang Kabupaten beberapa waktu lalu, agar ada penambahan 1 intake untuk sarana air bersih yang dapat melayani kantor distrik serta sarana kesehatan.

Lanjutnya, “Kalau dikantor distrik mungkin tidak terlalu berdampak. Namun jika air bersih belum sampai ke Puskesmas maka sudah pasti akan berdampak sangat besar”. (AS/Yapen)

  • http://yomizu.com iyus

    Di tiap rumah secara sederhana dapat dibangun pengolahan air bersih di masing-masing rumah seperti pemasangan filter air bersih. Kami siap membantu pemasangan filter air bersih yomizu. Apapun masalah airnya tuntas dengan filter air yomizu.