Berita

7 Tapol yakni Aser Rumere dkk Menunggu Sidang di PN Jayapura

Jayapura. Pada tanggal 28 Juli 2021 Satgas  Satgas Yonif 131/BRS  di Pos Skofro Lama distrik Arso Timur Kabupaten Keerom  melakukan  kegiatan sweeping dan mengamankan mobil Avanza warna hitam Nopol PA 1934 AP berpenumpang 6 orang dan 1 sopir warga Abepura sehingga total berjumlah 7 orang.

Saat interogasi awal di Pos TNI, diperoleh keterangan bahwa ke 6 orang tersebut baru saja dari kegiatan 1 Juli 2021 di Markas Victoria Distrik Bewani Papua Nugini. Sejumlah barang dan dokumen milik 7 orang tersebut ikut diamankan.

Ketujuh orang tersebut adalah Aser Rumere, Kundrat Rumkorem, Abraham Rumkorem,  Yukila Tabuni,  Isak Semufi  Usior, Septinus Rumere dan Yanus Kogoya.

Setelah diamankan pada tanggal 28 Juli 2021 di Satgas Yonif 131/BRS kampung Skopro Lama distrik Arso Timur kabupaten Keerom, besoknya dipindahkan ke Rutan Polres Keerom, kemudian dipindahkan ke Mako Brimob Polda Papua dan setelah tahap II  tanggal 17 November 2021 di Kejaksaan Negeri Jayapura, dititip ke Polres Keerom sambal menunggu jadwal persidangan di PN Klas I A Jayapura.

Dari Surat Perintah Penahanan Tingkat Penuntutan yang dikeluarkan oleh Kejaksaan Negeri Jayapura, ketujuh orang tersebut dibagi menjadi 2 berkas, masing-masing 4 orang dan 3 orang Tersangka.

Adapun pasal yang dikenakan adalah Primer Pasal 106 KUHP Subsidair Pasal 110 KUHP Ayat(1),(2) butir ke-4 Jo Pasal 55 Ayat(1) Ke-1e KUHP dan Pasal 56 KUHP.

Saat tahap II di Kejaksaan Negeri Jayapura Aser Rumere dkk didampingi oleh Alpius Menufandu SH, Helmi SH dan Anum Siregar SH,MH para advokat dari Koalisi LSM untuk Penegakan Hukum dan HAM di Papua.(Tim/AlDP).