500 Personil Keamanan, Mengamankan Aksi Demo KNPB

500 Personil Keamanan, Mengamankan Aksi Demo KNPB

Jayapura-“Untuk mengamankan aksi demo Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang dipusatkan di Expo Weana, pihak Polresta Kota Jayapura menurunkan sekitar 500 Personil pihak keamanan,” Ucap Kapolresta Kota Jayapura AKBP. Alfred Papare.SIK, Kepada Wartawan di Perumnas II Waena, ¬†(26/11/2013).

Massa sudah berkumpul sejak pagi hari, di sekitar expo Waena, cukup banyak massa yang sudah memadati pinggir jalan raya arah Waena, melihat demikian maka  pihak keamanan meminta untuk massa melakukan orasinya di dalam halaman anjungan expo Waena, masapun mematuhinya.

Jelasnya,” Maksud dan tujuan yang dilakukan oleh KNPB dalam demo kali ini, sekitar 3 hal yang kami tahu bersama. Pertama, mendukung pembukaan kantor OPM di Port Moresby pada tanggal 1 Desember 2013 mendatang. Kedua, mendukung pertemuan antara IPWP dan ILWP, serta parlemen PNG yang akan dilakukan di Port Moresby dari tanggal 25 November hingga 28 November mendatang. Ketiga, mendukung rencana kedatangan para menteri luar negeri dari perwakilan setiap anggota negara MSG ke Jakarta dan Papua”.

Berkisar kurang lebih dua jam, massa kemudian keluar dari halaman expo dan berlarian menuju arah kota, pihak kepolisian meminta massa untuk naik truk namun tidak dipatuhi.

“Kamipun meminta massa untuk naik truk, namun arahan kami tidak diterima, malahan satu dari anggota kami dilempar oleh massa, tepat mengenai Iptu Toding, dibahu sebelah kiri. Tidak itu saja, massapun menganiaya pengguna jalan yang melintas pada saat itu, tepatnya di depan Toko Mega Waena, “tutur Kapolresta Kota Jayapura lebih lanjut.

“Kita, harus objektif melihat masalah ini, dimana ada korban lain yang mendapat penganiayaan dari masa KNPB. Korban, sedang dirawat di Rumah Sakit Dian Harapan dan harus dioperasi, karena mendapat luka yang sangat parah,” Ungkapnya.(RM/AlDP)