Berita

Pernyataan Pers

Terkait Peristiwa Nduga  1 desember  2018

Bahwa peristiwa penembakan yang terjadi di distrik Yigi kabupaten Nduga Papua pada tanggal 1 desember 2018 dan rangkaian peristiwa tersebut yang telah menelan korban jiwa yakni para pekerja proyek pembangunan jembatan dari PT Istaka Karya merupakan tindakan diluar batas kemanusiaan. Kami menyampaikan duka cita dan keprihatinan yang mendalam.

Kami mendukung upaya penegakan hukum yang dilakukan secara profesional guna keadilan bagi korban dan keluarga korban. Kami berharap penegakan hukum yang dilakukan, tidak menimbulkan ekses bagi masyarakat sipil lainnya, khususnya masyarakat yang berada di kabupaten Nduga dan sekitarnya. Agar negara menjamin adanya perlindungan dan penghormatan hak asasi individu dan kelompok. Memberikan rasa aman, bebas dari rasa takut, dimanapun mereka berada.

Kami menyerukan kepada Komnas HAM RI agar segera melakukan investigasi yang nertral dan profesional guna mendapatkan data dan fakta yang akurat dan lengkap terkait peristiwa tersebut.

Kami menyerukan agar pihak-pihak yang mengetahui peristiwa dimaksud dapat memberikan informasi yang benar dan lengkap serta mendapatkan perlindungan hukum dari negara. Kami juga meminta agar berbagai pihak bersikap lebih berhati-hati ketika menerima, menyampaikan, melanjutkan atau memahami informasi terkait peristiwa tersebut guna memberi ruang bagi fakta yang sebenarnya dan meminimalisir potensi konflik/ketegangan.

Kami berharap aksi kekerasan dapat diakhiri sebab tidak akan ada masa depan bagi siapapun yang ada di atas tanah ini jika kekerasan masih terus terjadi. Oleh karena itu, kami mengajak semua pihak secara bersama-sama untuk menyelesaikan permasalahan di Papua secara bermartabat dan menjunjungi tinggi hak hidup setiap orang.

Jayapura,4 desember 2018

Aliansi Demokrasi untuk Papua(AlDP)