Isak Kalaibin : di Lapas Saya Jalani Kewajiban dan Ada Hak Saya

Isak KalaibinSorong-Terpidana 3,5 tahun kasus Aimas 2013, Isak Kalaibin menjalani sisa pemidanaannya di Lapas Sorong. Isak Kalaibin adalah narapidana politik terakhir yang masih menjalani pemidanaan untuk kasus Aimas.

Keenam narapidana lainnya yakni Klemens Kodimko, Obeth Kamesrar, Anthonius Sarur, Obaja Kamesrar, Yordan Magablo dan Hengky Mangamis sudah lebih dulu bebas dengan masa pidana 1,6 tahun.

Kalaibin yang terkenal sangat vokal ini, mempertanyakan haknya di Lapas Sorong, menurutnya Lapas Sorong tidak mengusulkan dirinya untuk mendapatkan remisi dasawarsa.

“Di Lapas sini, saya tahu ada kewajiban saya tapi juga ada hak saya, cuma petugas di sini tidak perhatikan dengan baik. Hak saya untuk remisi tidak diurus,” Ujarnya pekan lalu saat ditemui di Lapas Sorong.

Bukan saja soal remisi dasawarsa yang menjadi haknya, tetapi usulan Pembebasan Bersyaratnya juga belum diurus oleh pihak Lapas Sorong.

Kini, pihaknya tengah mengecek hal-hal yang menyebabkan terhambatnya hak-haknya sebagai narapidana.

“ini salah satu penyebabkan keributan di lapas karena hak warga binaan tidak diperhatikan,hampir tiap hari ada keributan di lapas ini,” jelasnya sambil ditemani istri dan anak perempuannya yang setia mengunjungi dirinya.

Isak Kalaibin menghitung masa pembebasannya yang tidak akan lama lagi tiba. Diperkiarakan pad Oktober 2016, dirinya akan bebas.(Tim/AlDP).