JPU Banding

040515Wamena – Jaksa Penuntut Umum(JPU) Kejaksaan Negeri Wamena akhirnya mengajukan banding atas putusan yang dijatuhkan majelis hakim pengadilan Negeri Wamena terhadap Ibrahim Marian, Jhoni Marian, Marthen Marian dan Jali Walilo terdakwa kasus Wara Pisugi.

Sebelumnya pada tanggal 31 Maret 2015, Majelis hakim yang memeriksa perkara Ibrahim Marian dkk telah menjatuhkan putusan 1 (satu) tahun penjara. Putusan itu lebih ringan dari tuntutan JPU yang meminta hakim memutus mereka 5 tahun penjara.

Dalam Memori Bandingnya, JPU menyampaikan 3 (tiga) alasan utama mengapa mereka mengajukan banding.

“Bahwa hukuman yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Wamena sangatlah ringan dan tidak sebanding dengan perbuatan dan akibat dari kejahatan yang telah dilakukan oleh terdakwa”.

Lanjutnya,” bahwa Putusan yang dijatuhkan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Wamena tidak mencerminkan rasa keadilan dalam masyarakat dan bahwa putusan yang dijatuhkan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Wamena tidak memberikan efek pencegahan (deterrence) pada mereka yang memiliki potensi untuk melakukan kejahatan(potential offender) yang sama,” demikian disampaikan Teguh Basuki SH, MH selaku ketua tim dari JPU.

Terhadap Memori banding JPU, Penasehat hukum Ibrahim Marian dkk telah mengajukan Kontra Memori Banding.(Tim/AlDP).