Yosep Siep Jadi Dirawat

Yosep Siep Jadi Dirawat

Wamena-Setelah Penasehat hukum mengirim surat permohonan pembataran sebanyak dua kali, akhirnya Yosep Siep jadi dikeluarkan dari Lapas Wamena.

“Majelis hakim mengabulkan permohonan Penasehat Hukum yang meminta Yosep Siep dirawat di rumah sakit,” Ujar Asri, salah satu anggota Tim Koalisi LSM untuk melakukan pendampingan kasus Yosep Siep dkk.(10/12/2014).

Asri yang juga merupakan koordinator Advokasi dari Yayasan Teratai Hati Papua(YTHP) mengatakan bahwa Yosep telah menderita sakit sekitar 2 minggu di Lapas Wamena.

“Ada dugaan lain, sakitnya disebabkan karena penyiksaan yang dialami saat dia ditangkap, dirinya selalu mengatakan telinga dan dadanya sakit,” Jelasnya lagi.

Yosep Siep dkk menceritakan bahwa saat mereka ditangkap hingga di dalam rumah tahanan Polres Jayawijaya di Wamena, mereka telah mengalami penyiksaan.

Lanjutnya, “Jadi dia butuh dirawat. Selain sakit tipes, Yosep juga tidak konsentrasi ketika menjawab pertanyaan atau bicara, seperti orang stres”. Asri juga menceritakan perliaku Yosep saat akan dirawat di rumah sakit.

“Yosep tidak mau diinfus, tidak mau tidur di dalam bangsal, sejak pagi dia hanya berkeliaran di halaman belakang laboratorium, ditemani keluarganya”.

“Dia minta dikembalikan ke Lapas tapi majelis hakim sudah mengeluarkan Penetapan untuk pembatarannya jadi dia mesti sembuh baru dapat dikembalikan ke lapas dan menghadiri persidangan”.

Pihaknya telah juga berkoordinasi dengan pihak RSUD Wamena agar ada perhatian terhadap kondisi psikologis Yosep, hanya saja dokter syaraf yang direkomendasikan untuk memeriksa Yosep masih berada di luar Wamena.

“Kita masih menunggu dengan situasi yang tidak pasti mengenai kondisi phisik maupun psikis Yosep,” katanya dengan kecewa.(Tim/AlDP)